Jumat, 08 Februari 2008

Antibiotik Berefek Asma Pada Bayi

Bayi Anda sakit dan dokter meresepkan antibiotik? Perlu diwaspadai, bayi yang diberi antibiotik berisiko terserang penyakit asma atau alergi yang lain. Para ilmuwan di Henry Ford Hospital, Detroit, AS menyatakan, dokter seharusnya lebih waspada dalam memberikan resep untuk bayi berumur kurang dari 6 bulan.
Para ilmuwan ini juga yakin, obat tersebut bisa mempengaruhi perkembangan pencernaan dan sistem kekebalan si mungil. Antibiotik memang bisa membasmi bakteri-bakteri 'baik' di dalam perut. Sekitar satu juta anak di Inggris telah terdiagnosis menderita asma. Dan, angka alergi meningkat secara umum.
"Bukannya saya menyarankan anak-anak tak boleh minum antibiotik," kata seorang peneliti, Christine Cole Johnson. "Saya hanya meyakini bahwa kita perlu lebih berhati-hati dalam meresepkan obat bagi bayi-bayi tersebut," jelasnya. Pada studi ini dilibatkan 448 anak yang mendapat penyakit ini dalam 7 tahun pertama kehidupan mereka.

Kalau anak-anak ini diberi sedikitnya satu antibiotik selama 6 bulan pertama kehidupan mereka di dunia, risiko terserang asma meningkat hingga 2,5 kali. Ini bila dibandingkan dengan mereka yang tak minum antibiotik di usia semuda itu. Selain itu, mereka juga berisiko terserang alergi lain hingga 1,5 kali lebih tinggi. (bet/bbc)

Tidak ada komentar: